SUARA INDONESIA JEMBER

11 Ribu Bibit Cabe Dibagikan Gratis di Rambipuji

Wildan Mukhlishah Sy - 04 March 2023 | 05:03 - Dibaca 787 kali
Pemerintahan 11 Ribu Bibit Cabe Dibagikan Gratis di Rambipuji
Pembagian bibit cabe oleh Pemdes Rambipuji. Foto: Istimewa

JEMBER - Antisipasi kenaikkan harga bahan pokok jelang bulan Ramadan, Pemerinta Desa (Pemdes) Rambipuji bagikan 11 ribu bibit cabai secara gratis kepada masyarakat.

Menurut Kepala Desa Rambipuji, Dwi Diyah Setryorini pembagian bibit gratis ini bisa meredam kekhawatiran masyarakat akan lonjakan harga bahan-bahan pokok yang biasa terjadi menjelang bulan puasa. 

"Itu akan menekan permintaan cabai di pasaran. Paling nggak satu desa itu banyak, meski kalau dilihat per KK (Kepala Keluarga) itu sedikit," ujarnya kepada awak media.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Rambipuji, Mohammad Faridj Wadjdi dalam Kegiatan Pengendalian Inflasi Daerah dan Mendorong Ketahanan Pangan tersebut.

Pihaknya berharap saat bulan Ramadan nanti, masyarakat yang menerima bibit-bibit gratis tersebut bisa memanennya, sehingga tidak terganggu dengan kenaikkan harga jelang lebaran.

"Diharapkan nanti dalam bulan Ramadan mereka sudah bisa memanen dan bisa mengendalikan situasi daerah," ungkapnya.

Selain bibit cabai, sebanyak 3.500 kepala keluarga dari 78 RT dan 29 RW yang tersebar di enam dusun di Desa Rambipuji tersebut nantinya juga akan mendapatkan satu bibit cabai merah, satu bibit tomat, satu bibit bawang dan satu pupuk organik cair olahan gapoktani setempat.

Kegiatan yang berlangsung pada Jum'ar (2/3/23) di Kampung Tampean, Dusun Krajan, Desa Rambipuji ini pun disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat.

Bahkan diantaranya ada yang langsung menanam bibit-bibit tersebut di pekarangan rumah masing-masing seperti yang dilakukan oleh Slamet, salah satu warga yang mendapat bibit gratis tersebut.

Sementara Ma'rufah, mengaku akan merawat bibit tersebut dengan sepenuh hati agar cepat berbuah dan bisa dipanen yang nantinya akan digunakan memasak masakan sehari-hari untuk keluarga. 

"Bisa membantu masak, nyambel, apalagi selama Ramadan ini kan harga cabai naik, jadi bisa bermanfaat," paparnya.

Dirinya juga berharap kedepan pemdes Rambipuji bisa memberikan bibit lain yang bisa menekan anggaran pengeluaran belanja bulanan.

"Ke depan semoga ada pembagian bibit-bibit lagi," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya