SUARA INDONESIA JEMBER

Pemkab Jember Fasilitasi Pelatihan Untuk Ratusan Tukang Becak

Wildan Mukhlishah Sy - 28 August 2022 | 13:08 - Dibaca 1.06k kali
Pemerintahan Pemkab Jember Fasilitasi Pelatihan Untuk Ratusan Tukang Becak
Para Tukan Becak saat mengikuti Karnaval Becak Hias di Alun-alun Kota Jember (Foto: Pemkab Jember)
JEMBER- Demi mengasah keterampilan baru para tukang becak yang eksistensinya mulai berkurang karena transportasi online, Bupati Jember, Hendy Siswanto ajak para tukang becak di Jember mengikuti Kelas Pelatihan Keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK).

Hal tersebut ia sampaikan langsung dalam kegiatan Karnaval Becak Hias dangan tema Transportasi Tradisional yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Jember.

"Mereka kami latih bekerja di BLK (Balai Latihan Kerja), jadi selain narik becak, kita harapkan bisa menambah kerjaan lainnya lagi dengan keterampilan baru itu nantinya," ujarnya, saat memberikan sambutan dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke- 77 di Kabupaten Jember, Minggu (28/8/2022). 

Karnaval yang dimulai dari Unit Pelaksanan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT PKB) Kaliwatas tersebut diikuti oleh 150 tukang becak, yang kemudian melaju di sepanjang jalan Gajah Mada, lurus di jalan Sultan Agung dan berakhir di Alun-alun Kota Jember.

Ratusan becak yang mengikuti karnaval tersebut hadir dengan berbagai hiasan penuh kreativitas itu tak hanya mengangkat pamor becak yang saat ini sedang meredup, tetapi juga memberi wawasan sekaligus hiburan bagi masyarakat Jember di penghujung bulan kemerdekaan.

Dengan adanya Karnaval Becak Hias ini, Bupati Hendy berharap potensi becak tidak hanya berfokus pada konsumen jarak dekat, tetapi juga bisa menjangkau para wisatawan dari dalam maupun luar kota serta memberi pengalaman baru berwisata kota dengan menaiki becak. 

Menindaklanjuti kegiatan tersebut, dirinya juga menghibau para kepala daerah di kecamatan, desa serta kelurahan di Kabupaten Jember agar kedepannya dapat mengadakan even-even yang melibatkam becak di dalamnya.

"Membuat even dengan juga melibatkan becak agar dapat kecipratan rejeki juga," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya