SUARA INDONESIA
Banner

Uji Coba Tiket Wisata Gratis Berhasil Katrol Perekonomian Warga

JEMBER- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember, menyebutkan perekomomian masyarakat yang berada di sekitar wisata Pantai Papuma dan Watu Ulo, mengalami peningkatan yang cukup drastis, selama uji coba tiket masuk gratis.

Kepala Disparbud Jember Harry Agustriono, mengatakan berdasrkan pemantauan dan informasi dari para pedagang di lokasi wisata, peningkatan tersebut bahkan mencapai 100 persen.

"Kemarin, sempat kami evaluasi dan tanyakan kepada mereka, untuk penghasilan warga-warga ini rupanya meningkat sampai 100 persen," ungkapnya, dalam forum rapat dengar pendapat bersama Komisi B DPRD Jember, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, momen tersebut tak hanya dimanfaatkan oleh para pemilik warung, namun sejumlah warga juga laris menjajakan jualannya dengan menggunakan sepeda motor.

"Nah mereka ini bahkan ada yang jualan pakai sepeda motor, itu banyak sekali. Memang ada peningkatan yang cukup luar biasa untuk sektor ekonomi," ucapnya.

Dirinya menilai, hal tersebut disebabkan adanya peningkatan jumlah pengunjung, selama libur lebaran, terlebih pemberlakuan tiket masuk gratis yang dicetuskan oleh Pemkab Jember, mulai Rabu (4/5/2022) hingga Selasa (10/5/2022) lalu.

"Pengunjung tertinggi, itu mencapai 23 ribu," lanjutnya.

Tak hanya itu, meledaknya jumlah pengunjung juga turut memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Jember.

"Kami rasa UMKM juga semakin banyak peminatnya," ucapnya.

Meski demikian, dirinya tidak menampik adanya persoalan yang muncul dengan banyaknya pengunjung, salah satunya adalah volume sampah yang juga ikut meningkat.

"Tapi ya untuk permasalahan sampah, kita tau sendiri lah, itu yang menjadi persoalan selama masa uji coba kemarin," lanjutnya.

Harry mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jember, agar kedepan fasilitas dan pengelolaan sampah di lokasi wisata dapat lebih dimaksimalkan.



Apa Reaksi Anda?