SUARA INDONESIA JEMBER

Kembangkan Pelayanan Digital, Disnaker Jember Permudah Akses Info Loker

Wildan Mukhlishah Sy - 07 April 2022 | 18:04 - Dibaca 1.43k kali
Pemerintahan Kembangkan Pelayanan Digital, Disnaker Jember Permudah Akses Info Loker
Kepala Disnaker Jember Bambang Rudianto, saat ditemui di ruang kerjanya. Foto: suaraindonesia.co.id

JEMBER- Digitalisasi menjadi salah satu program yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, dengan tujuan mempermudah pelayanan dan akses informasi bagi masyarakat.

Tak ketinggalan, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) rupanya juga ikut melaksanakan inovasi, untuk mendukung keberhasilan program tersebut.

Kini, Disnaker mulai mengembangkan website resmi, media sosial dan pelayanan berbasis digital berupa tanda tangan elektronik (TTE).

Kepala Disnaker Jember Bambang Rudianto menjelaskan, saat ini hampir semua pelayanan dilakukan secara digital. 

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), guna mengembangkan laman resmi, yang bisa diakses oleh masyarakat, yakni disnaker.jemberkab.go.id dan akun instagram @DisnakerJember.

"Kita sudah ada website dan akun instagram, sebelumnya tidak pernah ada. Bahkan pelayanan, masih kami lakukan secara manual," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/4/2022).

Rudi mengatakan, di website tersebut, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutukan mengenai lowongan kerja terpercaya, serta program dan agenda Disnaker Jember.

"Masyarakat nanti bisa akses disini, kita cantumkan info-info lowongan kerja. Jadi mereka tidak perlu repot nantinya," katanya.

Dirinya membenarkan adanya sejumlah kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan ekspolitasi pekerja migran indonesia (PMI), dengan modus penipuan lowongan kerja.

Guna meminimalisir hal tersebut, Disnaker akan berusaha selektif dalam menggandeng perusahaan-perusahaan untuk melakukan kerjasama.

"Ya kita lihat dari legalitas dan kredibilitasnya, kalau abal-abal tidak akan kita perkenankan untuk menempel lowongan kerja di website kita," katanya.

Tak hanya itu, pada laman resmi tersebut juga terdapat fitur yang mempermudah masyarakat untuk melakukan pengajuan kartu kuning secara online, sehingga tidak perlu mengantri di Disnaker.

"Bisa diakses secara online nanti, tidak lagi manual. Bahkan tanda-tangan saya juga sudah TTE kok," ujar Rudi.

Diketahui, inivovasi Disnaker Jember tidak berhenti pada website dan instagram saja. Namun pihaknya, akan segera meluncurkan aplikasi pelayanan digital Si Gaja (Sistem Pencarian Kerja).

"Ini sudah kami rancang, dimana di dalam aplikasi ini nanti fiturnya lebih lengkap lagi," tandasnya.



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya