"Pamer" Aplikasi Simpeda, Diskominfo Jember Permudah Layanan Administrasi Masyarakat
Pemerintahan
Kepala Diskominfo Jember Bobby Arie Sandy. Foto: Diskominfo Jember.
JEMBER- Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jember, memamerkan salah satu terobosan barunya dalam mempermudah pelayanan urusan administrasi masyarakat.
Kepala Diskominfo Jember Bobby Arie Sandy mengaku, pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi tersebut ke sejumlah desa di Jember.
Boby mengklaim, hingga saat ini, setidaknya 50 persen desa di Jember mulai menerapkan aplikasi, yang dapat didownload di Play Store tersebut.
"Aplikasi ini memang menjadi program pak Bupati, untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat," jelasnya, saat dikonfirmasi dalam acara J-HUR di Kecamatan Sumberbaru, Jumat (11/3/2022).
Dirinya menambahkan, dari aplikasi tersebut, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pelayanan dari Pemkab Jember, hanya melalui smartphone.
Nantinya, warga akan secara langsung terhubung dengan OPD terkait, pihak kecamatan dan desa, untuk memperoleh data atau dokumen yang dibutuhkan.
"Jadi masyarakat bisa lebih cepat untuk mendapatkan pelayanannya, sehingga tidak perlu mengantri ke balai desa lagi," lanjutnya.
Dikomfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Rambipuji Dwi Dyah Setyorini mengungkapkan, inovasi tersebut dapat membantu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.
"Bagi kami pelayanan kepada masyarakat memang menjadi hal paling penting. Pengurusan online ini, saya rasa sangat membantu masyarakat dan pihak desa juga," ungkapnya.
Menurutnya selama ini, masyarakat memang banyak mengeluhkan lamanya proses pengurusan administrasi, salah satunya pembuatan KK dan KTP.
"Biasanya memang sampai berbulan-bulan, tapi dengan ini pengurusannya jadi lebih cepat," tandasnya.
» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA
Pewarta |
: Wildan Mukhlishah Sy |
Editor |
: Imam Hairon |
Komentar & Reaksi