SUARA INDONESIA JEMBER

Bantu Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Pemkab Jember Gelar Operasi Pangan Murah

Wildan Mukhlishah Sy - 01 March 2022 | 18:03 - Dibaca 2.02k kali
Pemerintahan Bantu Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Pemkab Jember Gelar Operasi Pangan Murah
Bupati Jember Hendy Siswanto, saat meninjau operasi pangan murah di depan Pendopo Wahyawibawagraha, Selasa (1/3/2022). Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

JEMBER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, menggelar operasi pangan murah di depan pendopo Wahyawibawagraha, Selasa (1/3/2022).

Bupati Jember Hendy Siswanto memaparkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu mencukupi kebutuhan pokok masyarakat.

"Kami hadir dan ingin mencoba untuk membantu, kebutuhan masyarakat. Untuk itu, kami menghadirkan, kebutuhan pokok dengan harga yang murah," paparnya.

Hendy menambahkan, agenda yang juga diikuti oleh sejumlah UMKM tersebut, bersamaan dengan program dari Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan (PTPH) Jawa Timur.

Tak hanya menjual bahan pokok dengan harga yang lebih murah, namun pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait diversifikasi panganan lokal.

"Masyarakat Jember diajak oleh provinsi untuk bisa menjaga ketahanan pangan, melalui kearifan lokal," katanya.

Masyarakat secara bersama dihimbau untuk menjaga kelestarian lingkungan, sehingga dapat mencari keuntungan dari bahan pangan, selain nasi.

"Lingkungan dan pekarangan yang lestari, dapat membuat masyarakat menanam makanan-makanan. Tidak harus nasi, bisa dipindahkan ke makanan lain," lanjut Bupati.

Dengan demikian, menurutnya pengeluaran untuk kebutuhan pangan dapat lebih ekonomis dan hemat.

Dirinya berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin. Tidak hanya di pusat kota, namun juga menyasar setiap desa yang ada di Kabupaten Jember.

"Semoga nanti bisa dilakukan secara rutin, tidak hanya disini. Tapi ke semua kecamatan-kecamatan juga," imbuhnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro mengungkapkan, pihaknya memang akan melakukan upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satunya adalah minyak goreng, yang saat ini mulai langka di pasaran. Pihaknya menyebut, sebelumnya telah melakukan operasi minyak goreng murah, yang bekerjasama dengan kantor Bulog Jember.

"Dalam hal ini, kami bekerjasama dengan Bulog Jember," ungkapnya.

Bambang juga menghimbau, agar masyarakat tidak panic buying dan melakukan penimbunan minyak goreng.

"Tidak perlu panic buying, beli seperlunya. Jangan sampai menimbun minyak goreng," tandasnya.





» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya