SUARA INDONESIA JEMBER

Tinggal Menghitung Hari, Ini Fakta dan Mitos Tentang Malam Satu Suro

Redaksi - 26 July 2022 | 18:07 - Dibaca 80 kali
Artikel Tinggal Menghitung Hari, Ini Fakta dan Mitos Tentang Malam Satu Suro
Penampakan bulan sabit di malam hari (Foto: Canva)
JEMBER- Malam Satu Suro merupakan malam Tahun Baru dalam kalender Jawa yang tahun ini akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Peringatan malam satu Suro ini juga bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam setiap tanggal satu Muharam dalam kalender Hijriah.

Dalam kepercayaan orang Jawa malam Satu Suro lekat dengan hal-hal mistis, bahkan sudah banyak film-film di Indonesia yang mengusung tema tersebut.

Selain itu, malam satu suro juga memliki fakta serta mitos-mitos yang cukup menarik untuk dibahas lebih lanjut, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Penanda Tahun Baru Jawa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa malam satu suro merupakan penanda bergantinya tahun dalam kalender Jawa yang juga berbarengan dengan Tahun Baru Islam.

2. Malam yang Suci dan Sakral

Pada malam inilah orang-orang yang memiliki benda pusaka seperti keris akan menyuci dan membersihkannya. Hal tersebut sejalan dengan kehidupan spritual yang juga disucikan kembali.

3. Ajang Berpesta Makhluk Halus

Meski dianggap mitos, hal tersebut membuat orang-orang tetap berhati-hati pada malam satu suro yang diyakini sebagai waktu para makhluk tak kasat mata berpesta pora.

4. Waktu Energi Negatif Keluar 

Tak sekadar tahun baru, malam satu suro juga erat hubungannya dengan hal-hal mistis. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan bahwa pada malam satu suro energi-energi negatif keluar dan bisa membahayakan keselamatan manusia.

5. Waktu Untuk Merenung, Bertafakur dan Intropeksi Diri

Meski dianggap malam yang sakral dan erat dengan hal-hal mistis, rupanya malam satu suro juga menjadi salah satu waktu yang baik untuk merenung dan berpikir serta intropeksi diri atas apa-apa yang telah dilakukan selama ini.

Itulah tadi fakta serta mitos-mitos pada Malam Satu Suro yang perlu diketahi agar bisa memperingati malam satu suro dengan khidmat tetapi juga tetap waspada atas hal-hal ghaib yang mungkin terjadi. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya