SUARA INDONESIA
Banner

Kembali Mengudara, Nada FM UIN KHAS Siap Jadi Wadah Pengembangan Mahasiswa

JEMBER- Radio Nada FM Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, akan segera mengudara kembali, setelah sempat tidak beroperasi beberapa waktu lalu. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Kelembagaan (PDIK) UIN KHAS Jember Moh. Nor Afandi, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/4/2022).

Menurutnya, setelah peralihan status dari IAIN menjadi UIN, beberapa hal yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan di kampus perlu untuk dibenahi.

"Hal-hal itu perlu untuk dibenahi, terlebih yang berkaitan dengan pusat data dan informasi," ucapnya kepada suaraindonesia.co.id.

Dirinya mengungkapkan, Nada FM merupakan bagian dari kampus yang memiliki peran untuk memberikan informasi kepada khalayak luas, tentang UIN KHAS Jember.

Media kampus juga dinilai, mampu merepresentasikan suatu institusi di mata masyarakat, berdasarkan informasi yang disampaikan.

"Radio dan TV Kampus itu adalah perwajahan dari UIN KHAS Jember, seperti apa pandangan masyarakat kepada UIN KHAS, itu tergantung dari bagaimana informasi yang disampaikan," lanjutnya.


Tak hanya itu, Afandi memaparkan salah satu tujuan utama pengoperasian kembali radio kampus, yakni agar dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya di bidang broadcasting dan jurnalistik.

Dirinya menambahkan, saat ini mahasiswa dituntut untuk menjadi pribadi yang luar biasa, dengan memiliki skill yang mempuni, agar dapat dengan mudah berbaur bersama masyarakat.

"Sekarang itu kita dituntut untuk menjadi orang yang luar biasa. Ya, salah satunya tentu memiliki skill atau keahlian yang berbeda dengan orang lain," imbuhnya.

Afandi menegaskan, Radio Nada FM dapat digunakan oleh mahasiswa dari berbagai fakultas, karena merupakan fasilitas yang telah disediakan oleh universitas.

"Siapa saja boleh pakai, tidak kami batasi. Silahkan dijadikan tempat untuk mengasah bakat dan minat teman-teman mahasiswa," tutupnya.

Sekedar diinformasikan, media kampus yang berada pada frekuensi 107,9 FM tersebut, saat ini tengah membuka open recruitment pada posisi announcer dan reporter, dengan target mahasiswa aktif UIN KHAS Jember.

Perlu diketahui, tak hanya Radio Nada FM, UIN KHAS Jember juga akan segera memaksimalkan kembali potensi audio visual mahasiswa, melalui media Kampus TV.



Apa Reaksi Anda?