SUARA INDONESIA JEMBER

Hikmah Dibalik Momen Nuzulul Qur'an yang Ada di Bulan Ramadan

Redaksi - 19 April 2022 | 20:04 - Dibaca 100 kali
Khazanah Hikmah Dibalik Momen Nuzulul Qur'an yang Ada di Bulan Ramadan
Ilustrasi (Foto: Pinterest)
JEMBER- Nuzulu Qur'an merupakan suatu momen yang sering dirayakan umat Islam saat bulan Ramadan. Hal tersebut dilakukan untuk memperingati hari turunnya Al-Qur'an.

Perlu diketahui bahwa sejatinya Al-Qur'an diturunkan dengan dua tahapan. Pertama dari Lauhil Mahfuz ke langit dunia atau disebut juga Baitul Izzah secara keseluruhan yakni 30 juz. 

Selanjutnya, pada tahap kedua Al-Qur'an yang terdiri dari 30 juz tersebut diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur selama kurang lebih 23 tahun lamanya.

Adapun ayat pertama yang diturunkan ialah QS Al-Alaq 1 - 5. Setelah itu, barulah ayat-ayat lain diturunkan sesuai dengan keadaan yang sedang dihadapi oleh Rasulullah SAW.

Turunnya Al-Qur'an secara berangsur-angsur tersebut memiliki keutamaanya tersendiri. Menurut Syekh Abdul Qadir Jailani, hal itu merupakan bentuk dari kasih sayang Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Dengan diturunkan secara berangsur-berangsur, perintah-perintah syariah serta hukum-hukum Islam tersebut menjadi lebih mudah untuk diamalkan. Pun ayat-ayatnya lebih mudah dihafalkan oleh Rasulullah yang sejatinya umi. 

Selain itu, cara itu juga merupakan jalan Allah untuk menguatkan hati Rasulullah yang selama masa kerasulannya jarang sekali lepas dari cercaan orang-orang musyrik, atas agama yang ia bawa. Dan Al-Qur'an juga merupakan mukjizat yang menegaskan kerasulan juga kenabian Nabi Muhammad SAW. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya