SUARA INDONESIA
Banner

Menakjubkan!!! Ini Amalan Yang Setara Dengan Pahala Ibadah Haji

JEMBER-Setiap muslim tentu ingin menyempurnakan keislamannya, salah satu caranya adalah dengan melaksanakan rukun Islam yang lima. Salah satunya adalah berhaji bagi yang mampu.

Dalam rukun Islam kelima tersebut Allah meringankan hamba-Nya dengan syarat bagi yang mampu, artinya jika seorang hamba masih tidak mampu untuk menunaikannya maka kewajiban akan haji tersebut gugur.

Namun, tentu saja, harapan menyempurnakan kelima rukun tersebut menjadi impian setiap orang. Syekh Muhammad As-Syanqithi mengungkapkan bahwa ada beberapa amalan yang pahalanya setara dengan orang yang sedang berhaji.

Dengan mengamalkan amalan tersebut setidaknya kerinduan akan Mekkah dan Madinah sedikit terobati, minimal bisa mendapat pahala yang setara dengan ibadah haji tersebut.

Adapun amalan-amalan tersebut ialah sebagai berikut:

1. Berbakti kepada orang tua

"Ada seorang yang mendatangi Rasulullah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad tapi ia tidak mampu. Rasulullah bertanya padanya apakah salah satu dari kedua irang tuanya masih hidup. Ia jawab ibunya masih hidup. Rasul pun berkata padanya, "Bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik kepada ibumu. Jika engkau berbuat baik kepadanya maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad," HR Ath-Thabrani.

2. Melakukan rangkaian ibadah seusai salat subuh.

Menurt Syekh Muhmmad, agar pahala tersebut dapat diraih, haruslah memenuhi syaray-syarat tertentu, diantaranya ialah:

- Mengerjakan salat Subuh secara berjamaah

- Duduk berzikir setelahnya bisa dengan membaca Al-Qur'an, membaca buku-buku agama, beristighfar, maupun amar ma'ruf nahi mungkar

- Duduk di tempat salat hingga matahari terbit

- Lalu setelah matahari terbit hingga setinggi matahari melakukan salat sunah dua rakaat

3. Mengikuti kajian di mesjid, baik saat sore maupun malam hari

"Barang siapa yang berangkat ke mesjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengerjakan kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya," HR Ath-Thabrani

4. Menjaga salat berjamaah serta adab-adabnya.

"Dari Abu Umamah RA. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang berjalan menuju salat wajib berjamaah maka ia seperti berhaji. Barang siapa berjalan menuju salat sunah maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah," HR Thabrani.

Meskipun saat ini masih belum mendapat kesempatan, dengan tiga amalan tersebut, umat muslim masih bisa mendapat pahala yang setara dengan ibadah haji. (Ree)

Apa Reaksi Anda?