SUARA INDONESIA
Banner

Ustaz Ahmad Zainuddin: Hikmah Kata 'An dalam Ayat Ke-5 Surah Al-Ma'un

JEMBER-Allah SWT menurunkan Al-Qur'an berbahasa Arab yang begitu indah serta memiliki makna luas. Pemilihan kata yang digunakan dalam setiap ayat merupakan jalinan syair yang luar biasa, tidak ada satu orangpun dapat menandingi keindahannya.

Kandungan dari ayat-ayat Al-Qur'an merupakan petunjuk, juga pedoman hidup bagi setiap hamba-Nya. 

Selain itu setiap kata juga kalimat memiliki makna yang dalam, bahkan penggunaannya dapat membawa keselamatan bagi manusia.

Sebagaiamana yang dijelaskan oleh ustaz Ahmad Zainuddin tentang penggunaan kata 'An dalam ayat kelima surah Al-Ma'un.

الذين هم عن صلا تهم ساهون 

(Yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya. QS Al-Ma'un

"Alhamdulillah Allah tidak berfirman Alladziina hum fii shalaatihim saahuuun, orang-orang yang di dalam salatnya lalai," ujarnya dalam kanal YouTube Yufid.TV Pengajian & Ceramah Islam.

Andai saja Allah menggunakan kata fii yang berarti di, maka seluruh umat muslim akan celaka. Karena lalai di dalam salat merupakan hal yang sukar untuk dihindari.

Menurutnya ada sebagian orang  yang ketika salat memikirkan urusan pekerjaan, ada pula yang mengingat jadwal kegiatan, bahkan ada yang mengingat di mana letak kunci kendaaran.

"Coba tatkala di dalam salat lalai, ada sebagian orang ketika salat, mencari kunci, dia meracik bumbu, mengerjakan pekerjaan kantornya, sedang memilih jadwal kajian, judul kajian, itu nikmat Allah terbesar yang perlu antum ketahui," tegasnya.

Ustaz Ahmad menambahkan, bahwa penggunaan kata tersebut merupakan tanda kasih sayang Allah yang begitu besar, dan patut disyukuri. 

Karena, orang-orang yang lalai atas salatnya merupakan orang-orang yang merugi dan celaka, mereka akan mendapat balasan pedih di akhirat kelak.

Allah SWT berfirman bahwa orang-orang yang lalai atas salatnya hatinya akan mengeras. 

"Kemudian setelah itu hati kamu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras," QS Al-Baqarah 75.

Lalu orang-orang tersebut akan dimasukkan ke dalam lembah di neraka Jahanam. Dimana gunung jika dimasukkan ke dalamnya, maka gunung tersebut akan meleleh karena panasnya. 

"Itu ancaman bagi orang-orang yang lalai tentang salatnya," tandasnya. (Ree)

Apa Reaksi Anda?