SUARA INDONESIA JEMBER

Gus Firjaun: Anggaran Pendidikan di Jember Terlalu Kecil

- 23 November 2020 | 10:11 - Dibaca 1.99k kali
Politik Gus Firjaun: Anggaran Pendidikan di Jember Terlalu Kecil
Foto : Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember Nomoro Urut 02. Haji Hendy - Gus Firjaun

JEMBER - Bakal calon wakil bupati Jember nomor urut 02 Gus Balya Firjaun Barlaman Ahmad Shiddiq (Gus Firjau) menilai, anggaran pendidikan di Kabupaten Jember masih terlalu kecil.

Menurutnya, anggaran yang ada perlu ditambah hingga mencapai 20% dari anggaran yang teralokasi saat ini.

Menurutnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember yang mencapai sekitar Rp 4,5 Triliun sangat cukup jika ditingkatkan sebagian untuk pendidikan .

"Karena anggaran pendidikan di Jember yang tidak sampai 5% dari APBD itu masih sangat kurang untuk menunjang pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia," sebut Gus Firjaoun saat diwawancarai di Posko Pemenangannya di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Menurutnya, sektor pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

"Sehingga pengukuran Human Development Indek (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sangat ditentukan oleh dimensi kesehatan, ekonomi dan pengetahuan yang dihitung dari angka harapan sekolah dan angka rata-rata lama sekolah” paparnya.

Dari 3 parameter IPM tersebut, meurut dia, dimensi pengetahuan pendidikan merupakan hal yang paling utama dan harus masuk skala prioritas programnya.

"Karena semakin tinggi kualitas pendidikan seseorang maka kualitas kesehatan dan ekonominya akan semakin baik pula," ungkap pria keturunan pejuang Nahdlatul Ulama ini.

Dirinya menaruh harapan, di Kebupaten Jember tidak boleh ada anak putus sekolah karena kekurangan biaya.

"Makanya, pemerintah harus lebih serius terhadap bidang pendidikan dengan mengalokasikan anggaran yang memadai,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya