SUARA INDONESIA JEMBER

Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan, Lakukan Sunah-sunah Ini Saat Puasa

Ambang Hari Laksono - 29 March 2022 | 16:03 - Dibaca 283 kali
Khazanah Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan, Lakukan Sunah-sunah Ini Saat Puasa
Ilustrasi keluarga sedang berbuka bersama (Foto: Freepik)

JEMBER- Ramadan tidak hanya waktu untuk berpuasa, akan tetapi juga bulan yang penuh berkah, di mana semua amal kebaikkan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Oleh karena itu pada waktu tersebut dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah terutama sunah-sunah puasa.

Dikutip dari buku Fiqih Islam karya Sulaiman Rasjid, kurang lebih terdapat delapan ibadah sunah yang bisa diamalkan sepanjang bulan Ramadan, yakni sebagai berikut:

1. Makan Sahur Setelah Tengah Malam

Hal tersebut dimaksudkan untuk menambah kekuatan saat berpuasa keesokan harinya.

"Dari Anas, "Rasulullah SAW telah berkata, 'Makan sahurlah kami. Sesungguhnya makan sahur itu mengandung berkat (menguatkan badan menahan laapar karena puasa)'," HR Bukhari dan Muslim.

2. Mentakhirkan Makan Sahur

Selain makan sahur setelah makan, mentakhirkannya hingga kurang lebih 15 menit sebelum waktu imsak juga merupakan bagian dari sunah Rasulullah saat berpuasa. 

"Dari Abu Zarr, "Rasulullah SAW telah berkata, 'Senantiasa umatku dalam kebaikkan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka," HR Ahmad.

3. Menyegerakan Berbuka

Ketika waktu berbuka telah diketahui dan matahari sudah terbenam, hendaklah menyegerakan diri untuk membatalkan puasa atau berbuka. 

"Dari Sahl bin Sa'ad, Rasulullah SAW berkata, 'Senantiasa manusia dalam kebaikan selama mereka menyegarakan berbuka puasa'," HR Bukhari dan Muslim.

4. Berbuka Dengan Kurma, Air atau Sesuatu yang Manis

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah SAW berbuka dengan Rutab yakni Kurma Gemading sebelum Beliau melaksanakan salat. Dan ketika tidak ada beliau berbuka dengan kurma saja. Kalau masih tidak ada, beliau akan memulai berbuka dengan air putih.

5. Berdo'a Sewaktu Berbuka Puasa

"Dari Ibnu Umar, 'Rasulullah SAW apabila berbuka puasa, beliau berdo'a, "Ya Allah, karena engkau saya puasa dan dengan rezeki pemberian Engkau aku berbuka, dahaga telah lenyap dan urat-urat telah minum, serta pahala telah tetap bila Allag SWT menghendaki," HR Bukhari dan Muslim.

6. Memberi Makanan untuk Berbuka kepada Orang yang Berpuasa

Dalam hadis disebutkan siapa yang memberikan makanan untuk orang berbuka puasa, maka ia akan mendapat balasan sebanyak pahala orang yang sedang berpuasa tersebut.

"Barang siapa memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang puasa, maka ia mendapat ganjaran sebanyak ganjaran orang yang puasa itu, tidak kurang sedikitpun," HR Tirmizi.

7. Memperbanyak Bersedekah

Dari Anas, "Ditanyakan orang kepada Rasulullah SAW, 'Kapankah sedekah yang lebih baik?' Jawab Rasulullah SAW, 'Sedekah yang paling baik ialah sedekah pada bulan Ramadan'," HR Tirmizi

8. Memperbanyak Tilawatil Qur'an

Selain bersedekah, selama bulan puasa juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an serta mempelajari kaidah-kaidah yang terkandung didalamnya, sebagiamana yang juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya