SUARA INDONESIA JEMBER

Inovasi Publik, Kabupaten Jember Hadirkan Layanan Parkir Elektronik

Ambang Hari Laksono - 18 September 2023 | 18:09 - Dibaca 960 kali
News Inovasi Publik, Kabupaten Jember Hadirkan Layanan Parkir Elektronik
Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat peluncuran layanan e-parkir di Alun-alun Jember, Senin (18/09/2023). (Foto: Istimewa/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, melakukan gebrakan inovasi dengan menerapkan sistem parkir elektronik (e-parkir) untuk kendaraan luar kota, yang diparkir di pusat perbelanjaan, toko, dan lokasi lainnya, untuk meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD).

Launching e-parkir itu dipimpin langsung oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto usai apel upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di alun-alun Jember dengan menggandeng Bank Jatim sebagai mitra kerja sama, Senin (18/09/2023).

"Pembayaran parkir nantinya menggunakan QR Code, tapi itu khusus untuk kendaraan luar Jember yang parkir di Jember, misal kendaraan dengan plat nomor L dari Surabaya, B dari Jakarta dan lain-lain," paparnya.

Lebih lanjut, Bupati Hendy menjelaskan, untuk plat nomor dari luar Jember sebaiknya diganti dengan plat Jember.

"Karena kepengurusannya sangat mudah sekali dan masyarakat yang berplat nomor Jember akan mendapat tarif parkir gratis karena sudah membayar parkir berlangganan," jelasnya.

"Secara bertahap kami mulai dengan sistem cashless dulu, baru setelah itu, kami memperbaiki sistem transportasi di Jember," sambungnya.

Perlu diketahui, pembayaran parkir melalui e-parkir ini, dapat langsung dilakukan dengan menggunakan uang elektronik yang dikeluarkan oleh pihak perbankan. 

Uniknya, petugas parkir telah dibekali dengan membawa qr code e-parkir dalam menjalankan tugasnya.

"Kami melakukan optimalisasi PAD dengan menggenjot pajak daerah dan retribusi melalui sektor retribusi parkir. Namun kedepannya juga akan meningkatkan PAD di sektor pajak lainnya," tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman mengatakan bahwa, peluncuran e-parkir itu menandakan bahwa pihaknya sangat mendukung program Pemkab Jember untuk menjadi daerah Go-Digital.

"Kami sangat mendukung gerakan Pemkab Jember untuk meningkatkan pembayaran non-tunai di kalangan masyarakat. Karena saat ini adalah era digital, maka akan menjadi tantangan bagi pemerintah menghadirkan layanan berbasis teknologi digital menyesuaikan perkembangan zaman," ujarnya.

Dengan terobosan layanan berupa bayar parkir pakai QRIS ini, Bank Jatim di Kabupaten Jember juga bisa meningkatkan pendapatan daerah dan sekaligus memantau kinerja juru parkir. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya