SUARA INDONESIA
Banner

Sambal Gami Mbak Nike, Nikmatnya Bikin Gamon

JEMBER- Menu makanan pedas, belakangan ini cukup digemari oleh para pecinta kuliner. Selain rasanya yang nikmat, menikmati makanan dengan bahan dasar cabai tersebut dapat memberikan sensasi yang lebih menantang.

Di Kabupaten Jember, kembali hadir makanan pedas dengan penyajian yang unik dan menarik perhatian. Kuliner tersebut adalah “Sambal Gami Mbak Nike”, yang berlokasi di Jalan Moch.Seruji, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

Menu khas daerah Bontang, Kalimantan Timur itu menjadi primadona baru di kalangan masyarakat Jember, khususnya pecinta pedas. 

Dengan perpaduan rasa pedas, gurih dan segar yang berasal dari bahan-bahan pilihan, serta aroma smooky karena melalui proses dibakar di atas cobek, membuat pengunjung harus menelan ludah bahka  saat proses pembuatannya.


Salah satu pengunjung “Sambal Gami Mbak Nike” Dwi Sugesti Mega mengungkapkan, menikmati sajian menu di rumah makan tersebut membuatnya gagal move on (Gamon), karena ketagihan dan sejenak bisa melupakan berbagai permasalahan hidup yang dimiliki.

Bahkan, menurutnya kenikmatan sambal gami sudah bisa dirasakan sejak suapan peratama dan terus bertambah hingga sendokan terakhir. Rasa tersebut semakin lengkap dengan adanya irisan tomat yang diletakkan di atas sambal.

“Enak banget, apalagi buat aku yang penikmat pedes ya. Pedesnya nikmat aja gitu, makanya selalu balik lagi kesini, dibikin gagal move on sama menu disini,” ungkapnya, saat diwawancarai oleh suaraindonesia.co.id, Jumat (20/5/2022).

Sejumlah menu yang menjadi andalan utama di warung makan tersebut adalah sambal gami iwak pe, sambal gami paru, sambal gami cumi, sambal gami babat dan sambal gami udang. Tentunya tidak ketinggalan untuk pelengkap, yakni dadar jagung dan lumpia potong.

Namun jika anda merupakan tim yang tidak bisa mengkonsumsi makanan pedas, tidak perlu khawatir. Karena owner juga telah menyediakan level kepedasan, dari Gak Pedas (GP), Pedas (P), Sedang (S) sampai Super Pedas (SP). 

Mega menambahkan, hal lain yang membuatnya tertarik dengan kuliner baru tersebut adalah cara penyajiannya yang unik dan belum pernah ditemui di Jember.

Sambal gami memang disajikan dengan cara yang berbeda, dimana semua bahan yang telah disiapkan akan dimasak dan dicampurkan bersama lauk yang telah dipilih, untuk selanjutnya dibakar di atas cobek hingga matang dan siap disajikan bersama nasi putih hangat.

“Seru aja liatnya, soalnya kan dibakar gitu ya dan sejauh ini di Jember masih belum ada,” lanjutnya.


Sementara itu, Owner Sambal Gami Nike Puspitasari menjelaskan, pada dasarnya kuliner khas Kalimantan tersebut, memiliki rasa yang dominan asam.

Namun, saat ini dirinya berusaha untuk menyesuaikan rasa yang dihadirkan dengan lidah orang Jember.

“Kalau aslinya agak asam, tapi karena saya kan di Jember, jadi saya sesuaikan dengan lidah orang Jember yang setahu saya lebih suka pedas dan ditambah sedikit terasi,” jelasnya.

Sejauh ini menurutnya, dari beberapa menu best seller yang dihadirkan, sambal gami iwak pe masih menjadi menu yang paling banyak diburu oleh pembeli, dengan alasan terdapat sensasi rasa yang berbeda pada iwak pe yang disuguhkan.

“Banyak pengunjung yang bilang iwak pe disini berbeda dari di tempat lain, jadi memang masih best seller,” katanya.

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati pilihan menu di “Sambal Gami Mbak Nike”, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Menu pedas dengan penyajian unik tersebut sudah bisa anda nikmati, mulai harga Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja.


Apa Reaksi Anda?