SUARA INDONESIA JEMBER

Ustaz Adi Hidayat: Semangat Pancasila dalam Mencintai Negeri

Redaksi - 17 August 2022 | 19:08 - Dibaca 31 kali
Khazanah Ustaz Adi Hidayat: Semangat Pancasila dalam Mencintai Negeri
Ustaz Adi Hidayat (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Adi Hidayat Official)
JEMBER- Mencintai Negeri atau dalam istilah bahasa Arab disebut dengan Hubbul Wathan merupakan salah satu kewajiban bagi seluruh lapisan masyarakat bangsa dan negara.

Ustaz Adi Hidayat dalam pidatonya menyebutkan sebagai manusia yang telah lahir di Negara Kesatuan Republik Indonesia, memiliki kewajiban untuk mencintai, memakmurkan dan mengangkat derajat negeri ini yang merupakan bagian dari ketetapan Allah SWT.

Hal tersebut tidak terhalang oleh apapun, termasuk jabatan, kekayaan, golongan dan lain sebagainya. Menurutnya, semua orang dalam segala bidang pekerjaan maupun kehidupan bisa ikut serta memenuhi kewajiban mencintai tanah air.

"Mencintai negeri adalah tanggung jawab kita semua, di semua level dan passion berkehidupan di negeri ini. Anda berhak menjadi apapun, tetapi semua itu ditujukan untuk menjadikan negeri ini terdepan mendunia," ujarnya dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Tak cukup dengan hal itu, mencintai tanah air juga harus disertai dengan menerapkan lima dasar negara yang telah ditetapkan dalam Pancasila.

Menurut ustaz Adi, negara ini memiliki jiwa spiritual yang tinggi sebagaimana yang tercantum dalam sila pertama yakni Ketuhanan yang Maha Esa.

Kemudian, dilanjutkan sila kedua Kemanusian yang Adil dan Beradab dengan nilai-nilai tersebut rakyat Indonesia menjadi manusia-manusia yang mampu menanamkan sikao adil juga beradab terutama dengan sesamanya.

Lalu pada sila ketiga, sebagai warga negara Indonesia diingatkan untuk terus mempertahankan Persatuan Indonesia di mana pun berada.

Dirinya menjelaskan, jika ketiga sila tersebut diterapkan dengan sebenarnya, maka hal itu akan menciptakan Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan sebagaimana bunyi sila yang keempat.

Setalah empat sila tersebut tercapai, maka sila yang kelima yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia akan datang dengan sendirinya.

"Jika keempat ini selesai, yang kelima tidak kita usahakan pun akan datang dengan sendirinya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Dirinya menegaskan bahwa, lima dasar negara tersebut jika diimplementasikan keseluruhan dengan benar secara otomatis akan menciptakan kedamaain dan keadilan bagi seluruh rakyatnya juga menjadi kekuatan yang besar untuk Indonesia untuk meperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, baik dalam negeri maupun di ranah internasional. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya