SUARA INDONESIA JEMBER

Jatuh di Tanggal Cantik, Salat Sunah Pada 10 Muharam Dapat Menghapus Dosa 50 Tahun

Redaksi - 08 August 2022 | 11:08 - Dibaca 92 kali
Khazanah Jatuh di Tanggal Cantik, Salat Sunah Pada 10 Muharam Dapat Menghapus Dosa 50 Tahun
Potret Seorang Jamaah Sedang Sujud (Foto: Canva)
JEMBER- 10 Muharam 1444 H pada penanggalan Masehi jatuh pada tanggal cantik 08/08 (Delapan Agustus) 2022 sesuai dengan keputusan dari SKB 3 Menteri yang menetapkan 1 Muharam 1444 H pada tanggal 30 Juli 2022 yang lalu.

Tak hanya jatuh ditanggal cantik, 10 Muharam juga memiliki segudang keutamaan yang bisa mendatangkan pahala lebih dari hari-hari biasa lain.

Salah satunya yang paling ditunggu umat Islam ialah puasa Asyura. Dijelaskan dalam sebuah hadis bahwa puasa yang paling baik setelah bulan Ramadan ialah puasa di bulan Muharam, terlebih lagi pada 10 Muharam yang disebut juga dengan hari Asyura.

Dari sejarahnya sendiri, puasa sepuluh Muharam juga dilakukan oleh Nabi Musa AS beserta kaumnya sebagai tanda syukur karena telah diselamatkan dari kejaran Firaun dan pengikutnya.

Selain berpuasa, 10 Muharam juga memiliki keutamaan-keutamaan lain yang bisa mendatangkan pahala dan menambah ibadah bagi yang mengerjakannya, sebagai berikut:

1. Diberi Pahala 10 Ribu Malaikat dan 10 Ribu Orang Haji dan Umrah

Berpuasa pada hari Asyura bisa mendatangkan pahala 10 ribu malaikat, bahkan diberikan pula ganjaran yang setara dengan 10 ribu orang haji juga umrah.

2. Memberi Buka Bagi yang Berpuasa Asyura

Memberikan makanan atau minuman bagi orang yang melaksanakan puasa Asyura untuk berbuka, nilai pahalanya setara dengan telah menjamu juga mengenyangkan seluruh umat Nabi Muhammad SAW.

3.Mengusap Kepala Anak Yatim

10 Muharam juga merupakan hari Raya bagi anak yatim, karena barang siapa yang menyantuni anak yatim dan mengusap rambut kepala meraka pada hari ini akan diangkat derajatnya dari setiap helai rambutnya.

4. Dimaafkan Dosa Selama 50 Tahun

 Pada hari Asyura disunahkan untuk menambah salat sunah, lalu barang siapa yang melaksanakan salat sunah dan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 51 kali setelah surah Al-Fatihah maka diampuni baginya dosa selama 50 tahun.

5. Mendapat Minum di Hari Kiamat dan Tidak Akan Haus Lagi

Siapa yang memberikan minum kepada orang lain saat hari Asyura maka ia akan dibalas dengan satu gelas minuman pula di akhirat kelak dan setelah meminumnya tidak akan lagi merasa haus.

6. Dibebaskan Dari Penyakit

Mandi atau bersuci pada hari Asyura akan dijaga dari segala macam penyakit, kecuali sakit yang menjadi perantara kematian.

7. Bersedekah

Mereka yang bersedekah pada hari Asyura seakan-akan tidak pernah menolak orang yang meminta-minta kepadanya.

Demikian keutamaan-keutamaan amalan pada hari Asyura yang sangat sayang jika dilewatkan dengan sia-sia. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya