SUARA INDONESIA JEMBER

Ustaz Adi Hidayat: Ini Ayat yang Menggetarkan Hati Khalifah Umar bin Khattab

Redaksi - 03 August 2022 | 21:08 - Dibaca 81 kali
Khazanah Ustaz Adi Hidayat: Ini Ayat yang Menggetarkan Hati Khalifah Umar bin Khattab
Ustaz Adi Hidayat (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Adi Hidayat Official)
JEMBER- Khalifah Umar bin Khattab terkenal dengan sikap kerasnya sebelum ia memeluk agam Islam.

Namun, sikap kerasa tersebut rupanya luluh dengan dua huruf dalam ayat Al-Qur'an yang ia dengar saat dibaca oleh saudarinya sendiri.

Saat itu khalifah Umar berencana untuk mendatangi Rasulullah SAW dan memukulinya. Akan tetapi, saat diperjalanan ia bertemu dengan seseorang yang mengatakan bahwa saudarinya telah masuk Islam.

Ia yang geram kemudian berbalik arah menuju rumah saudarinya. Sesampainya di sana dari luar ia sayup mendengar lantunan ayat Al-Qur'an. Ketika itu ujar Ustaz Adi Hidayat Umar yang keras, hatinya merasa terenyuh padahal yang ia dengar hanya dua huruf saja.

"Begitu mau masuk dengar ayat dibacakan satu saja, 'Thaaha'. Bergetar jiwanya (Umar)," Ungkap Ustaz Adi Hidayat dalam Kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Ustaz Adi menambahkan bahwa khalifah Umar yang saat itu pun penasaran meminta kepada saudarinya untuk memberikan apa yang sebelumnya ia baca.

Namun, kecintaan saudarinya pada Al-Qur'an enggan memberikan apa yang ia baca kepada Umar, karena ia tidak rela jika Umar mengolok-olok kalam Allah tersebut ketika ia menyerahkannya.

Umar yang saat itu sudah bergetar hatinya pun berjanji tidak akan melakukan hal yang ditakutkan oleh saudarinya tersebut. Dan ia akhirnya membaca ayat yang dibaca oleh saudarinya hingga ia menteskan air mati lalu ia pun memeluk Islam sebagai agamanya.

"Begitu baca, 'Thaaha' bergetar keluar air mata masuk Islam," paparnya.

Menurut ustaz Adi bagian terpenting dari kisah khalifah Umar bin Khattab ialah betapa Al-Qur'an benar-benar mukjizat dari Allah SWT yang tidak hanya berisi tentang perintah maupun larangan tetapi juga tuntunan hidup bahkan ia bisa memberikan ketenangan bagi orang-orang yang membacanya. 

Dan dari ketenang tersebut pula lah seorang Umar bin Khattab luluh, lalu masuk Islam bahkan menjadi khalifah meneruskan perjuangan Rasulullah SAW membela dan mendakwahkan agama yang ia percayai sepenuh hati. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya