SUARA INDONESIA JEMBER

Ustaz Adi Hidayat: Mendayung Satu Amalan yang Lain Mengikuti

Redaksi - 02 August 2022 | 20:08 - Dibaca 87 kali
Khazanah Ustaz Adi Hidayat: Mendayung Satu Amalan yang Lain Mengikuti
Ustaz Adi Hidayat (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Adi Hidayat Official)
JEMBER- Meperbanyak amalan merupakan salah satu cara untuk menambah ketakwaan kepada Allah SWT, begitu pula di bulan Muharam.

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan bahwa empat bulan haram ialah bulan Allah. Dan amalan-amalan yang dilaksanakan pada waktu-waktu tersebut dapat mendatangkan pahala yang lebih banyak pula.

"Bulan-bulan haram ada empat, Zulqa'dah, Zulhijjah, Muharam, dan keempat Rajab. Pada bulan-bulan itu kita disunahkan untuk memperbanyak amalan. Kalau anda kerjakan amal salih maka status pahalanya naik di bulan-bulan itu," ujarnya dalam kanal YouTube Kajian Islam Official.

Meski begitu, menurutnya diantara sekian banyak amalan yang bisa dikerjakan di bulan Muharam seperti saat ini, salah satu yang dapat membawa pada amalan-amalan lain ialah dengan berpuasa.

Dirinya menambahkan bahwa saat berpuasa semangat untuk mengerjakan ibadah dan amalan-amalan lain juga meningkat. Sementara itu godaan-godaan untuk melakukan perbuatan yang sia-sia maupun maksiat menjadi menurun.

"Dan hebatnya orang puasa itu akan cenderung meninggalkan maksiat," ungkapnya.

Adapun puasa yang dikerjakan bisa bermacam-macam, mulai dari puasa Tasu'a dan Asyura yang hanya bisa dilaksanakan pada Bulan Muharam, puasa sunah Senin Kamis, puasa Ayamul Bidh hingga puasa Daud. 

Boleh pula melaksanakan puasa di hari-hari lain yang terpenting adalah tidak puasa secara berturut-turut terutama pada hari raya umat Islam yakni hari Jum'at, ataupun hari-hari yang biasanya digunakan masyarakt untuk berkumpul atau mengadakan hajatam seperti Sabtu dan Minggu.

"Kalau ada harinya jangan lewatkan, karena belum tentu hidup sampai bulan berikutnya," tandasnya. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya