SUARA INDONESIA JEMBER

Ini Kata Ustaz Adi Hidayat Tentang Istighfar Setelah Salat

Redaksi - 30 July 2022 | 18:07 - Dibaca 60 kali
Khazanah Ini Kata Ustaz Adi Hidayat Tentang Istighfar Setelah Salat
Ustaz Adi Hidayat (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Adi Hidayat Official)
JEMBER- Salat ialah ibadah yang menghubungkan manusia dengan Allah SWT. Oleh sebab itu kekhusyuan dalam melaksanakannya sangatlah diperlukan.

Namun, ujar ustaz Adi Hidayat, meski telah mengupayakan untuk salat dengan khusyu, masih saja ada hal-hal yang mengganggu sehingga membuyarkan kekhusyuan tersebut.

"Idealnya saat salat terhubung dengan Allah. Tapi, kadang-kadang ada saja yang salat sejak takbir sudah ngga nyambung sama Allah," ungkapnya dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Hal tersebut tambahnya, merupakan kekurangan dalam salat dan harus dilengkapi.

Adapun caranya ialah dengan beristighfar setelah selesai salam sebanyak tiga kali. Boleh dengan lafaz yang singkat atau pun lengkap lalu dilanjutkan dengan zikir hingga do'a.

Dirinya menyebutkan, istighfar tak sekadar sebagai pelengkap, tetapi juga permohonan ampun kepada Allah SWT, yang dalam hal ini adalah ketidak khusyuan dalam salat.

"Maka ketika kita akan melengkapi kekurangan tersebut, adab pertama kita minta ampun sama Allah, seakan-akan kita mengatakan, 'Ya Allah ampuni hamba yang seharusnya tadi dalam salat maksimal terhubung dengan-Mu. Tapi, ada bagian-bagian tertentu yang kurang maksimal," jelasnya.

Selain sebagai pelengkap kekurangan dalam salat juga permohonan ampun atas hal tersebut, istighfar setelah selesai salat juga sebagai pembuka untuk berdo'a kepada Allah.

Menurutnya, sebagaimana yang juga telah ditegaskan Rasulullah SAW dalam hadisnya, bahwa do'a paling baik ialah do'a yang diawali dengan memohon ampun kepada Allah yakni istighfar.

"Kedua ada kaitannya juga dengan pembuka ke do'a. Karena do'a ini, do'a yang terbaik itu salah satunya adalah do'a yang dimulai dengan istighfar," paparnya.

Kemudian, ustaz kondang tersebut juga mengatakan spirit dalam berdo'a adalah permohonan kepada Allah yang suci dan baik dan akan sampai kepada-Nya yang Maha Suci.

Sebagaiamana yang disebutkan dalam hadis bahwa Allah Maha Suci dan Ia tidak menerima suatu apapun kecuali yang baik dan suci.

Salah satu hal yang menjadi sebab kesucian itu rusak ialah banyaknya dosa serta kemaksiatan yang telah dilakukan. Dan cara untuk menyingkap itu bisa dilakukan dengan beristghfar.

"Banyak hal haram yang bisa menjadi penghalang tembusnya do'a dan untuk membukanya bisa pakai istighfar, kalau rajin istighfar akan dimudahkan oleh Allah," tandasnya. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya