SUARA INDONESIA JEMBER

Ingat, Ini Waktu yang Tepat untuk Menyembelih Kurban

Redaksi - 05 July 2022 | 20:07 - Dibaca 54 kali
Khazanah Ingat, Ini Waktu yang Tepat untuk Menyembelih Kurban
Ilustrasi (Foto: Freepik)
JEMBER- Perayaan Hari Raya Idul Adha tidak hanya identik dengan pelaksanaan haji bagi mereka yang mampu, tetapi juga penyembelihan hewan kurban.

Penyembelihan tersebut tentu berbeda dengam hari-hari biasanya, karena dalam hukum Islam telah ditetapkan waktu-waktu tertentu untuk menyembelih hewan kurban.

Adapun waktunya sebagaimana yang telah dijelaskan Sulaiman Rasjid dalam bukunya Fiqih Islam, menyembelih hewan kurban bisa dimulai saat matahari terbit setinggi tombak pada Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji hingga terbenamnya matahari pada tanggal 13 bulan Dzulhijjah, yakni di hari tasyrik pada tanggal 11, 12 dan 13 bulan tersebut.

"Semua hari Tasyriq (tanggal 11 sampai 13 haji) adalah waktu menyembelih kurban," HR Ahmad.

Jika hewan-hewan itu disembelih tidak pada waktu yang telah ditetapkan, maka ia tidak termasuk dalam katagori berkurban. Sebagaimana yang ditegaskan Rasulullah SAW dalam hadis berikut.

"Barang siapa menyembelih kurban sebelum salat Hari Raya Idul Adha, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri. Dan barang siapa menyembelih kurban sesudah salat Hari Raya dan dua Khutbahnya, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadahnya dan ia telah menjalanlan aturan Islam," HR Bukhari.

Adapun yang dimaksud dengan salat hari raya dalam hadis tersebut hanyalah menandakan waktunya, bukan menjadi syarat untuk menyembelih kurban. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya