SUARA INDONESIA JEMBER

Ustaz Abdul Somad: Amalan "Mencari" di Akhir Bulan Ramadan

Redaksi - 19 April 2022 | 19:04 - Dibaca 825 kali
Khazanah Ustaz Abdul Somad: Amalan
Ustaz Abdul Somad (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official)
JEMBER- Mendekati penghujung Ramadan umat Islam biasanya disibukkan dengam i'tikaf dan memperbanyak ibadah di malam-malamnya. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan Lailatul Qadar yang nilai ibadah pada waktu tersebut setara dengan beribadah selama seribu bulan.

Ustaz Abdul Somad dalam ceramahnya menyebutkan Lalitul Qadar biasanya ada pada malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan yakni pada tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29.

Dirinya menambahkan bahwa tidak ada waktu yang pasti tentang kapan Lailatil Qadar, oleh karena itu amalan pada penghujung bulan tersebut ialah amalan mencari.

Menurutnya amal mencari berarti ada tindakan yang dilakukan oleh seseorang, dengan seksama dan penuh perhatian, karena ia berbeda dengan menunggu.

"Jadi amal yang pertama di sepuluh terakhir ini adalah amal mencari. Tentu orang mencari itu selektif, orang itu menjadi serius karena dia mencari bukan menunggu," ungkapanya dalam kanal YouTube Ceramah Ust.

Adapun cara mencarinya adalah dengan menghidupkan malam-malam tersebut dengan berbagai macam ibadah. Mulai dari tadarus Al-Qur'an, Qiyamul Lail, berzikir juga tahajjud.

Oleh karena itu ustaz Somad mengingatkan untuk mengurangi tidur di malam-mala terakhir. Sebagaimana Rasulullah SAW yang selalu membangunkan keluarganya pada malam penghunjung bulan Ramadan, agar meraka bisa bersama-sama beribadah kepada Allah dan mendapat kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Disebutkan pula dalam Al-Qur'an bahwa mereka yang dapat menjumpai malam lailatul qadar, maka ia akan mendapat keselamatan hinggan terbitnya fajar.

"Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar," QS Al-Qadr 5. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya