SUARA INDONESIA JEMBER

Aa Gym: Jangan Bersandar Pada Ikhtiar

Redaksi - 26 February 2022 | 20:02 - Dibaca 210 kali
Khazanah Aa Gym: Jangan Bersandar Pada Ikhtiar
Aa Gym (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Aagym Official)
JEMBER- Ikhtiar adalah usaha sunguh-sunguh manusia untuk mencapai hajat yang diinginkan.

Dalam Al-Qur'an dijelaskan, bahwa ikhtiar atau usaha adalah salah satu cara seorang hamba untuk dapat mengubah keadaan.

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatau kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri," QS Ar-Ra'du 13.

Sementara itu Aa Gym menyampaikan, meski perintah ikhtiar nyata adanya, keyakinan atas perubahan hidup harus tetap bergantung kepada kehendak Allah SWT, bukan pada usaha yang telah dilakukan.

"Kita tidak boleh bersandar pada ikhtiar kita, kalau Allah menentukan sesuatu, sudah itu bukan wilayah kita. Kita mau diberi tidak diberi, mau dikabulkan tidak dikabulkan, dikasih atau tidak sesuai harapan, atau bahkan sebaliknya, itu sudah sepenuhnya urusan Allah SWT," ujarnya dalam kanal YouTube Aagym Official.

Menurutnya, batasan manusia hanya pada urusan berusaha dan itu adalah bagian dari cara memohon pertolongan Allah untuk mengubah keadaan ataupun memohon sesuatu.

Selanjutnya, setelah ikhtiar dilakukan, semua perkara tetap harus diserahkan pada kuasa Allah. Karena ruang yang Allah sedikan, hanyalah usaha manusia, do'a serta kepasrahan atas apa yeng kelak akan Dia berikan.

Sedangkan urusan mengabulkan permohonan atau mengubah keadaan atas upaya-upaya yang telah dilakukan, sepenuhnya ada di tangan Allah.

"Wilayah kita adalah meluruskan niat, menyempurnakan ikhtiar dan do'a dan terserah Allah mau diapakan juga," tandasnya. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya