SUARA INDONESIA JEMBER

Aa Gym: Tak Ada Yang Baik Dalam Berlebihan

Redaksi - 07 February 2022 | 20:02 - Dibaca 1.37k kali
Khazanah Aa Gym: Tak Ada Yang Baik Dalam Berlebihan
Aa Gym (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Aagym Official)
JEMBER- Berlebihan dalam bentuk apapun bukanlah hal yang baik dan tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, meskipun untuk kebaiakan atau ibadah.

Aa Gym dalam ceramahnya menyebutkan bahwa Islam diturunkan kepada Rasulullah SAW dengan kondisi yang pas tidak kurang maupun berlebih. 

"Jadi Allah itu menurunkan Islam, agama yang indah, proposional, menengah tidak berlebihan termasuk dalam beribadah," ujarnya dalam kanal YouTube Aagym Official.

Menurutnya berlebihan dalam bentuk apapun tidaklah baik dan hanya akan mendatangkan kerugian. 

Seperti ketika seseorang sedang diuji oleh Allah dengan sakit yang menyebabkan ia harus keluar dari kebiasaan ibadahnya, misal salat malam maupun berjamaah ke masjid.

Aa Gym menambahkan, ketika tubuh dalam keadaan sakit dan disarankan untuk tidur yang cukup oleh para dokter, maka hendaklah mengikuti saran tersebut. 

Sehingga tubuh bisa kembali sehat dan bisa beribadah seperti biasa.

"Padahal kalau tidur juga ikhtiar untuk mengobati, itu pahala Tahajudnya dapat," tambahnya.

Kemudian, kebiasaan ibadah tersebut bisa diganti dengan amalan yang lain, seperti membaca istighfar, salawat maupun tahlil.

"Ganti dengan amalan lain, baca tahlil, baca istighfar, baca salawat dengan niat bukan malas Tahajud. Tapi, untuk menyehatkan tubuh, kan tubuh sedang tidak normal," tandasnya. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya