SUARA INDONESIA JEMBER

4 Strategi H. Hendy untuk Mengembangkan UMKM di Jember

- 04 December 2020 | 19:12 - Dibaca 1.33k kali
Politik 4 Strategi H. Hendy untuk Mengembangkan UMKM di Jember
Foto: Caption: H. Hendy saat sedang menikmati produk UMKM di jl. Gajah Mada Kaliwates Jember

JEMBER- Calon Bupati Jember nomor urut 02 H. Hendy Siswanto memiliki 4 strategi yang akan ia lakukan bersama wakilnya yaitu Gus Firjaun untuk mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten Jember, jika pihaknya diberi amanah untuk memimpin kota tembakau ini, Kamis (3/12/2020).

1. Mempermudah Perizinan.

H. Hendy akan mempermudah perizinan UMKM karena menurutnya legalitas usaha merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam berbisnis.

“Untuk memajukan UMKM yang pertama itu mas, kita harus mempermudah perizinan, kalau bisa gak usah bayar deh, kalaupun bayar maka harus dimurahkan yang jelas perlakuan terhadap UMKM harus diberi perhatian khusus," katanya.

2. Membantu Permodalan.

Paslon 02 ini berkomitmen untuk membantu UMKM dari sisi permodalan melalui berbagai sumber baik pinjaman lunak maupun bantuan peralatan yang lebih canggih.

"Yang ke dua adalah dari sisi permodalan mas, dengan legalitas itu maka mereka sebenarnya mereka sudah lebih mudah untuk mengajukan kredit ke Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan dari sumber lain. Kami juga ingin menyiapkan alat-alat untuk mereka agar produksinya lebih efisien” imbuhnya.

3. Meningkatkan Kualitas Produk Agar Berdaya Saing.

Dalam ilmu ekonomi, untuk merebut pelanggan, seorang harus menciptakan diferensiasi product agar lebih diminati dari produk lain yang sejenis karena memiliki nilai tambah.

“Berikutnya metode produksi harus kita kawal biar kompetitif, jangan mahal-mahal harganya agar berdaya saing, karena jika tidak demikian, maka akan sulit untuk maju tembus pasar, oleh sebab itu perlu ada pelatihan, termasuk menyiapkan alat-alat yang efisien tadi," ungkap H. Hendy.

4. Membantu Pemasaran.

Langkah yang juga paling menentukan adalah proses pemasaran out put yang sudah dibuat. Pemerintah dipandang perlu untuk membantu sisi pemasaran UMKM baik melalui pelatihan digital marketing dan inovasi pemasaran lainnya.

Pemerintah juga bisa menggelar kegiatan rutin olahraga, pertunjukan, serta memajukan pariwisata sehingga masyarakat dari berbagai daerah mau datang ke Jember dan menghabiskan uangnya di Jember.

“Dan yang terakhir, kita wajib membantu mempromosikan produk mereka.” Pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya