Sorgum di Situbondo Juga Akan Dibudidayakan Marinir

Sorgum di Situbondo Juga Akan Dibudidayakan Marinir
Pertanian
Dankormar beserta pejabat dan prajurit saat menabur benih ikan lele yang ditangani dengan sistim bioflok.

SITUBONDO - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menyampaikan bahwa Puslatpurmar 5 Baluran akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Situbondo, untuk menanam sorgum di lahan seluas 4 Ha. Hal itu dikatakan pada Ahad (28/6/2020) di Banyuputih, Situbondo Jatim.

Dankormar beserta Panglima Armada 2 Laksamana Muda TNI (Laksda) Heru Kuswanto dan rombongan sedang meninjau Program Ketahanan Pangan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran.

Sumber data yang diperoleh suaraindonesia.co.id dari Dispen Kormar Situbondo menyebutkan, kedatangan Dankormar, disambut dengan laporan kesiapan kunjungan oleh Komandan Puslatpurmar 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi, dan disambut oleh Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dan Kolatmar) Kolonel Marinir Suliono beserta seluruh Perwira staf Kolatmar dan perwira Puslatpurmar 5 Baluran. 

Sebelum dilaksanakan peninjauan lahan ketahanan pangan, terlebih dahulu dilaksanakan pemaparan oleh Komandan Puslatpurmar 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi kepada Komandan Korps Marinir  Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono di gedung transit Puslatpurmar 5 Baluran. 

Letkol Mar Agus Wahyudi melaporkan bahwa program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Puslatpurmar 5 Baluran dalam rangka mendukung program pemerintah dan sebagai upaya nyata bentuk partisipasi dan antisipasi akibat dampak pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia.

"Puslatpurmar 5 Baluran telah melaksanakan kegiatan di bidang pertanian, perikanan dan peternakan. Di bidang pertanian luas lahan yang telah dikerjakan oleh prajurit antara lain, tanaman singkong  0,3 Ha, jagung 4 Ha, cabe 5 Ha. Bidang peternakan budidaya  ayam kampung 70 ekor, kambing 50 ekor, sapi 7 ekor serta bidang perikanan. Untuk budidaya ikan lele dengan sistem bioflok sejumlah 12.000 terdiri dari 6 kolam masing-masing isi 2000 ikan lele," ungkapnya. 

Lebih lanjut Agus Wahyudi mengatakan, dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar, sebagian lahan  dikerjakan oleh warga sekitar di bawah pengawasan dan pengendalian dinas di antaranya; lahan Jagung 10 Ha, Cabai 0,5 Ha.

Usia acara paparan tersebut, dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lapangan. Pada kesempatan peninjauan tersebut, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menebar 1000 bibit ikan lele di kolam bioflok yang sudah disiapkan prajurit Puslatpurmar 5 Baluran. 

Turut mendampingi dalam peninjauan Danpasmar 2 Brigjen Ipung Purwadi, di antaranya,  para Asisten Dan Kormar, Para Asisten Danpasmar 2, Para Perwira Staf Kolatmar dan Para Perwira Puslatpurmar 5 Baluran.(*)

 


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar