SUARA INDONESIA
Banner

Ratusan Ton Sampah "Nyangkut", PU BMSDA Jember Lakukan Gelontor Walet DAM Krangkengan

JEMBER- PU Binar Marga Sumber Daya Air (PU BMSDA) Kecamatan Kencong, melakukan gelontor walet DAM Krangkengan di aliran sungai kali Tanggul, Kecamatan Kencong, Selasa (17/5/2022).

Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk membersihkan ratusan ton sampah jenis bambu dan lainnya, yang menumpuk dan menyangkut di bendungan setempat.

Kepala PU BMSDA Kencong Umar Basyar menjelaskan, jika hal tersebut tidak segera dilakukan, maka air akan meluber dan menyusutkan aliran air bagi para petani di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kencong, Jombang, Gumukmas dan Puger.

"Jika dibiarkan ini akan berdampak kurang bagus, terutama bagi para petani," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, pekerjaan tersebut harus dilakukan secara cepat, mengingat kondisi cuaca saat ini sangat sulit untuk diprediksi.

Selain itu, aliran air dari bendungan selebar 15 meter tersebut juga telah dinantikan oleh para petani di empat kecamatan, dengan luas lahan mencapai 7.230 hektar.

"Sangat berdampak bagi mereka, apalagi luas lahan tanamnya lebih dari 7 ribu hektar, jadi kami harus melakukannya secara cepat," lanjutnya.

Untuk itu, dalam penyelesaian gelontor walet tersebut, pihaknya menerjunkan 65 orang, yang terdiri dari unsur SDA Provinsi Jawa Timur, Hippa, serta masyarakat, yang akan bekerja sejak hari ini hingga Jumat (20/5/2022) mendatang.

"Pengerjaannya dilakukan selama empat hari, sejak Selasa sampai Jumat besok," tandasnya.


Apa Reaksi Anda?