SUARA INDONESIA JEMBER

Kopi Jember Siap Go Internasional, Begini Komitmen Bupati Hendy

Wildan Mukhlishah Sy - 01 December 2021 | 18:12 - Dibaca 901 kali
Peristiwa Daerah Kopi Jember Siap Go Internasional, Begini Komitmen Bupati Hendy
Tangkapan layar zoom, HCE 2021. Foto: Wildan/suaraindonesia

JEMBER-Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Kabupaten Jember merupakan wilayah penghasil kopi Robusta terbaik, bahkan produk andalannya tersebut telah dikenal hingga mancanegara.

Atas hal tersebut Bupati Jember Hendy Siswanto berkomitmen untuk terus memaksimalkan produksi serta pengolahan kopi. Sehingga tercipta Robusta dengan kualitas internasional.

"Kami siap untuk mendukung, peningkatan produksi kopi kita ke depan," katanya. 

Dirinya menjelaskan, Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah yang memiliki pusat penelitian kopi dan kakao (Puslitkoka).

Dengan begitu akan lebih mudah untuk meningkatkan hasil perkopian daerah.

"Jember dengan adanya Puslitkoka dan Bank Indonesia, saya yakin kita dapat meningkatkan hasil produksi kopi kita," jelasnya, dalam Focus Group Fiscussion (FGD) Holistik Coffee Expo 2021. Rabu (1/12/2021)

Bupati menilai peningkatan produksi kopi, tidak hanya mengkatrol perekonomian masyarakat Jember, namun menjadi pengembangan pariwisata, bahkan penambahan lapangan kerja. Sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran.

 "Karena kopi bisa menjadi komoditas ekonomi dan pariwisata, selain itu banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh," imbuhnya.

Sementara itu, kepala Puslitkoka Dr Agung Wahyu Susilo mengungkapkan balai Penelitian Kopi yang ada di Jember merupakan pusat unggulan kopi dan kakao, yang secara konsisten melakukan Inovasi dari hulu hingga hilir.

"Ini satu-satunya di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1911. Berbarengan dengan hari lahirnya Kota Jember," ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KWRBI) Jember Hastu Wibowo mengatakan, Jember memiliki peluang besar di sektor pertanian, khususnya perkebunan kopi, karena baik produksi ataupun pemasarannya sudah sampai di ranah internasional. 

"Seperti yang kita tau, Indonesia menduduki peringkat empat di dunia sebagai negara pengekspor kopi," pungkasnya. 

Sekedar diinformasikan, kegiatan Holistik Coffee Expo (HCE) 2021 secara resmi dibuka oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (1/12/2021).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya