SUARA INDONESIA JEMBER

Anak Berbakti Wajib Mengetahui, Inilah Kumpulan Do'a Untuk Kedua Orang Tua

Wildan Mukhlishah Sy - 25 October 2021 | 20:10 - Dibaca 3.98k kali
Pendidikan Anak Berbakti Wajib Mengetahui, Inilah Kumpulan Do'a Untuk Kedua Orang Tua
Ilustrasi (Foto: Wildan/Suaraindonesia)

JEMBER-Do'a dari kedua orang tua merupakan do'a yang mustajab, artinya do'a yang keluar dari mulut kedua orang tua kita memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. 

Sebagaimana yang tertera dalam hadis Rasulullah SAW.

"Ada tiga do'a yang mustajab, tidak ada keraguan akan hal itu; do'a orang yang terzalimi, do'a musafir, dan do'a orang tua untuk anaknya," HR Ibnu Majjah.

Lalu sebagai anak, kita memiliki kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua, salah satu caranya juga bisa dilakukan dengan selalu mendo'akan keduanya, saat mereka masih hidup maupun telah meninggal dunia. 

Rasulullah SAW telah mencontohkan bagaiamana do'a untuk kedua orang tua, yakni sebagai berikut:

اللهم اغفرلي و لوالدي و ارحمهما كما ربياني صغيرا

Allahummagh-firlii wa liwaalidayya war-hamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiraa.

Artiinya: Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil. 

Dan jika mereka berdua telah tiada kita bisa mendo'akan mereka dengan do'a berikut:

1. Do'a Arwahu untuk Ibu

اللهم اجعل واوصل مثل ثواب ما قرءته الي روح امي (.......) اللهم اغفرلها وارحمها وعافها واعف غنها واكرم نزلها ووسع مدخلها وتقبل حسنتها وكفر سيءاتها برحمتك يا ارحم الراحمين 

Allahumma aushil tsawaaba maa qara'nahu minal-qur'aani ilaa ruuhi waalidayya. Allahummagh-fir lahumaa warham humaa wa 'aafihimaa wa'fu 'anhumaa wa nawwir qabrahumaa birrahmatika yaa arhamarrahimiin

Artinya: Ya Allah, jadikanlah dan sampaikanlah pahala bacaanku kepada ruh ibuku (.........) Ya Allah, ampunilah dosanya, kasihinalah dan sejahterakanlah dia, maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah quburnya, terimalah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih. 

2. Do'a Arwah untuk Bapak

اللهم اجعل واوصل مثل ثواب ما قرءته الي روح ابي (.......) اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف غنه واكرم نزله

ووسع مدخله وتقبل حسنته وكفر سيءاته برحمتك يا ارحم الراحمين 

Allahummaj'al wa aushil mitsla tsawaabi ma qara'tuhu ilaa ruuhi abii (.......) Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu wa taqabbal hasanaatihi wa kaffir sayyi-atihi birahmatika yaa arhamaarraahimiin

Artinya: Ya Allah, jadikanlah dan sampaikanlah pahala bacaanku kepada ruh bapakku (.........) Ya Allah, ampunilah dosanya, kasihinalah dan sejahterakanlah dia, maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah quburnya, terimalah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih. 

Selain itu kita juga bisa menghadiahkan bacaan Al-Qur'an serta sedekah untuk kedua orang tua kita yang sudah meninggal dunia, adapun do'anya ialah sebagai berikut:

1. Do'a Membaca Al-Qur'an untuk dihadiahkan kepada kedua orang tua

اللهم اوصل ثواب ما قرءناه من القران الي روح والدي. اللهم اغفر لهما ورحمهما و عافهما و عف عنهما و نور قبرهما برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma aushil tsawaaba maa qara'nahu minal-qur'aani ilaa ruuhi waalidayya. Allahummagh-fir lahumaa warham humaa wa 'aafihimaa wa'fu 'anhumaa wa nawwir qabrahumaa birrahmatika yaa arhamarrahimiin

Artinya: Ya Allah, sampaikanlah pahala Al-Qur'an yang telah kami baca kepada ruh bapak/ibuku. Ya Allah, ampunilah, sayangilah kasihinalah, selamatkanlah, maafkanlah dan sinarilah qubur mereka dengan rahmat-Mu, ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih. 

2. Do'a Sedekah diberikan kepada kedua orang tua

اللهم اوصل ثواب ما تصدقنا الي روح والدي. اللهم اغفر لهما ورحمهما و عافهما و عف عنهما و نور قبرهما برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma aushil tsawaaba maa tashaddaqnaa ilaa ruuhi waalidayya. Allahummagh-fir lahumaa warham humaa wa 'aafihimaa wa'fu 'anhumaa wa nawwir qabrahumaa birrahmatika yaa arhamarrahimiin

Artinya: Ya Allah, sampaikanlah pahala sedekah kami kepada ruh bapak/ibuku. Ya Allah, ampunilah, sayangilah kasihinalah, selamatkanlah, maafkanlah dan sinarilah qubur mereka dengan rahmat-Mu, ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih. (Himpunan do'a-do'a pilihan)

Do'a dari anak-anak yang salah dan salehah merupakan amal jariah untuk kedua orang tua yang sudah tiada. 

Karena setiap manusia yang telah meninggal dunia terputus segala amalnya kecuali tiga perkara, dan salah satu dari perkara tersebut ialah do'a anak untuk orang tuanya.

"Ketika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: satu, sedekah jariyah. Dua, ilmu yang diambil manfaatnya. Tiga anak saleh yang selalu mendo'akan orang tuanya," HR Muslim. (Ree/Wil)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya