SUARA INDONESIA JEMBER

Camat Sukorambi Komitmen Dorong Pengembangan UMKM

Wildan Mukhlishah Sy - 02 December 2021 | 19:12 - Dibaca 1.15k kali
Pemerintahan Camat Sukorambi Komitmen Dorong Pengembangan UMKM
Ilustrasi UMKM. Foto: suaraindonesia.co.id

JEMBER-Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut dilakukan oleh Kecamatan Sukorambi, dengan tujuan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya pelaku UMKM.

Camat Sukorambi Yuliana Purnama Sari menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan secara bertahap untuk UMKM yang ada di wilayahnya, melalui koordinator UMKM setempat.

"Untuk data fix-nya, saya masih menunggu info lebih lanjut dari Bu Dewi, koordinatornya, jadi sampai sekarang masih belum tahu secara pasti," jelasnya. 

Dirinya berkomitmen untuk menjadi mediator bagi para pelaku UMKM, guna memasarkan dan mempromosikan produknya meski dalam lingkup skala kecil. 

"Kalau secara luas, real kita membantu pemasaran memang masih belum ya, tapi kan ada ini Wanita Niaga Jujur, jadi kita titipkan di situ," ucapnya. 

Pihak Kecamatan juga telah menyediakan tempat untuk digunakan saat acara workshop mengenai pengembangan UMKM, selain itu melakukan bazar produk UMKM di wilayah Kantor Kecamatan.

Kendati demikian, dirinya menilai hal tersebut kurang maksimal, karena warga yang mendatangi lokasi hanya sebatas menyelesaikan keperluannya kepada Kecamatan. 

"Ya kalau di sini kan yang datang itu hanya sebatas akan mengurus pelayanan, jadi kurang tertarik gitu," katanya.

Atas hal itu, Yuli akan segera melakukan koordinasi bersama para pelaku UMKM, untuk mencari lokasi yang strategis sebagai tempat pemasaran produk yang dimiliki.

"Nanti kita kumpulkan, kita carikan lokasi yang mudah untuk diakses di mana," tambahnya. 

Sebelumnya, menurut Camat, dirinya mengusahakan pembuatan outlet bagi UMKM, salah satunya di rest area. Namun, wilayah tersebut merupakan milik Perhutani, sehingga perlu adanya perencanaan kerjasama lebih lanjut dengan pihak terkait. 

"Cuman dalam hal ini kan rest area Bukan punya kita. Jelas Harus ada kerjasama dengan pihak Perhutani," ujarnya. 

Lebih jauh wanita yang baru empat bulan menjabat tersebut berpesan agar para pelaku UMKM tidak putus asa, dan tetap berinovasi meski di tengah pandemi covid-19. 

"Yang selalu saya sampaikan pokoknya jangan putus asa. Berusahalah untuk terus untuk menghasilkan dan berinovasi, kita harus bangkit dan memiliki ciri khas tersendiri. Agar gampang dikenal oleh masyarakat," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya