SUARA INDONESIA
Banner

Turunkan Angka Kemiskinan, Bupati Jember Akan Gandeng Lions Club

JEMBER- Dalam rangka memperingati hari World White Cane Day 2021, komunitas Lions Club Internasional Distrik 30782 Indonesia bersama Manajemen Cendrawasih Green Residence, menggelar aksi sosial berupa pembagian tongkat putih atau white cane kepada Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni). 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Perumahan Cendrawasih Residen, Kecamatan Patrang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Sabtu (23/10/2021). 

Presiden Lions Club Jember Robusta Ahmad Zein Wahyudi menjelaskan, agenda tersebut merupakan kolaborasi dengan Lions Club Bandung dan Lions Club Surabaya, yang  juga bertujuan untuk menunjang mobilitas penderita tunanetra agar lebih mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.  

“Jadi ini adalah kolaborasi antara Lions Club Bandung, Surabaya dan Jember. Untuk di Jember sendiri kita membagikan sekitar 120 tongkat putih, agar mereka tidak lagi tergantung dengan orang lain dalam menjalani aktivitas,” jelasnya. 

Dirinya menambahkan, kedepannya kegiatan serupa akan menjadi agenda rutin yang dikemas dengan konsep berbeda, namun dengan target sasaran adalah penyandang tunanetra.  

“Setiap tahun ada kegiatan seperti ini, tapi tidak selalu tongkat putih. Bisa nanti kita kemasnya seperti pelatihan atau lainnya, namun konteksnya memang untuk tunanetra,” imbuhnya. 

Bupati Jember Hendy Siswanto, yang turut hadir di kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas kegiatan sosial tersebut. 

Dirinya mengaku siap untuk memberikan dukungan dan berkolaborasi bersama dengan Lions Club dalam menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Jember. 

“Ini kegiatan yang sangat luar biasa sekali, terus terang saya sangat terharu bahwa Lions Club memberikan bantuan untuk anak-anak saya penyandang tunanetra sebanyak 120 tongkat putih. Kami siap untuk mensuport apa yang dibutuhkan nanti untuk menyeesaikan masalah kemiskinan di Jember,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Hendy berpesan bahwa setiap manusia memiliki posisi yang setara, sehingga Pertuni harus tetap memiliki semangat juang yang besar dan tidak perlu berkecil hati dengan apa yang dirasakan saat ini. 

“Kalian adalah sama dengan kita semua, tidak perlu ragu atau berkecil hati. Kolaborasi antara pertuni dan kita akan saling melengkapi kekurangan masing-masing, temen-temen Pertuni harus selalu semangat,” ucapnya. 

Sementara itu, salah seorang penerima bantuan Sumar Fajar Rafi mengaku sangat bersyukur dengan bantuan berupa tongkat putih dan sembako yang diberikan oleh Lions Club. 

Menurutnya hal tersebut akan sangat membantu penderita tunanetra untuk mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 

“Senang sekali dan merasa sangat terbantu dengan tongkat putih ini. Karena bisa membantu kami untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar kami,” tandasnya. 

Apa Reaksi Anda?