SUARA INDONESIA
Banner

Bikin Bangga! Linkrafin Jember Jadi Bintang Tamu Lomba Kemenparekraf Bawakan Single Epicnya

JEMBER- Komunitas musik asal Jember, Linkar Kreatif Independen (Linkrafin) didapuk sebagai bintang tamu pada malam puncak perhelatan lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu Aku) 2022, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kamis (30/6/2022).

Pada penampilannya kali ini, Linkrafin akan kembali membawakan lagu Jember Nusantara, single epik yang berhasil membawa namanya menyabet Juara 1 dan Favorit pada ajang KAMU AKU tahun 2021 lalu.

Tak hanya itu, kominitas musik tersebut juga telah mempersiapkan satu nomor sendratasik bertajuk Clash of Sadeng, yang menceritakan tentang cikal bakal peristiwa Sumpah Palapa.

Founder Linkrafin Yudho Andriansyah mengungkapkan, persiapan yang dilakukan oleh Linkrafin sudah mecapai 100 persen, rombongannya juga telah tiba di Jakarta sejak Rabu (28/6/2022) kemarin.

"Event ini sangat bersejarah bagi kami, karena itu senang rasanya saat diminta untuk tampil sebagai bintang tamu tahun ini," ungkapnya, saat dibungi melalui media telpon, Kamis (30/6/2022).

Dirinya mengatakan, sejak perayaan malam puncak KAMU AKU 2021 lalu, telah banyak karya lagu yang dihasilkan dan ditampilkan oleh Linkrafin untuk masyarakat luas.

Seperti diketahui, Linkrafin merupaka salah satu dari sejumlah komunal kreatif yang berhasil mengharumkan nama Jember, melalui berbagai prestasi yang diraih.

Menariknya, grup asuhan Linkrafin dengan nama Samudra Hindia rupanya turut masuk dalam 15 besar dari 400 lebih komunitas musik di seluruh Indonesia, yang berpartisipasi dalam ajang KAMU AKU 2022 kali ini.

Sementara itu, Music Director Linkrafin Willy Jayasukma menyebut, meski tak sampai lolos babak 5 besar, namun hal tersebut dapat menjadi bukti bahwa karya musik dari Jember, patut diperhitungkan.

Menurutnya, pencapaian yang diraih oleh Linkrafin, merupakan buah dari semangat kreatifitas anak muda di Jember, yang senang melakukan kolaborasi.

Dirinya menegaskan, dengan semangat kolaborasi memungkinkan seseorang untuk terus maju. Terlebih karya Linkrafin selama ini berfokus pada pelestarian instrumen etnik dan tradisional, yang dikombinasikan dengan musik modern.

"Dari situ aja sudah terlihat, kalau harus ada kolaborasi. Kalau tidak akan sulit sekali untuk berkembang," paparnya.

Sekedar diinformasikan, malam puncak KAMU AKU 2022 akan menampilkan lima besar komunitas yang telah terpilih.

Diantaranya, Sanggar Luar Kotak Production (Denpasar Bali), Trio AFI (Palembang), Lembaga Budaya dan Seni Indramayu (Indramayu), Blagger (Jayapura) an Komunitas Polela Sigi (Sigi).



Apa Reaksi Anda?