SUARA INDONESIA JEMBER

Do'a Sehari-hari yang Tercantum dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah dan Al-Imran

Imam Hairon - 21 May 2022 | 07:05 - Dibaca 40 kali
Khazanah Do'a Sehari-hari yang Tercantum dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah dan Al-Imran
Al-Qur'an (Foto: Pinterest)
JEMBER- Al-Qur'an diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk hidup yang membawa pada keselamat dunia juga akhirat.

Tidak hanya itu, Al-Qur'an juga merupakan rahmat ia memiliki banyak keistimewaan bahkan ia merupakan obat atas segala macam penyakit.

Di dalam Al-Qur'an juga banyak sekali ayat-ayat yang merupakan do'a dan dapat dijadikan amalan serta dibaca setiap hari.

Berikutu do'a sehari-hari yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur'an.

1. Do'a Mohon Kesalamatan Dunia Akhirat (QS. Al-Baqarah 201)

ربنآ ءاتنا فى الدنيا حسنة و فى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار

Rabbanaa aatinaa fid-dunya hasanal wa fil-aakhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban-naar

Artinya: Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa api neraka.

2. Do'a Mohon Diberi Ketabaha Saat Menghadapi Lawan (QS Al-Baqarah)

زبنا أفرغ علينا صبرا و ثبت أقدا منا و انصرنا على القوم الكافرين 

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw-wa tsabbit aqdaamanaa wan-shurnaa 'alal-qawmil-kaafiriina

Artinya: Ya Tuhan, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, kokohkanlah pendirian kami, serta tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir.

3. Mohon Keteguhan Iman (QS. Al-Imran 8)

زبنا لا تزغ قلوبنا بعد اذ هديتنا وهبلنا من لدنك رحمة انك انت الوهاب

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaytanaa wa hablanaa min ladunka rahmah innaka antal-wahhaabu

Artinya: Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karunikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sungguh hanya Engkaulah yang Maha Pemberi karunia.

4. Do'a Minta Dikuatkan Iman (QS Al-Imran 16)

ربنا إننا ءامنا فاغفرلنا ذنوبنا وقنا عذاب النار

Artinya: Ya Tuhan, sungguh kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.

5. Do'a Mohon Dimatikan Dalam Keadaan Husnul Khatimah (QS 193-294)

زبنا اننا سمعنا مناديا يناد للايمان أن ءامنو بربكم فئامنا ربنا فاغفرلنا ذنوبنا و كفر عناسيئاتنا و توفنا مع الأبرار ربنا و ءاتناما وعدتنا على رسلك ولا تخزنا يوم القيمة انك لا تخلف الميعاد

Rabbanaa innanaa sami'naa munadiyyaa yunadi liliimaani an aaminu birabbikum faamannaa rabbanaa faghfirlanaa dzunubanaa wa kaffir 'annaa sayyiaatinaa wa tawaffanaa ma'al-abraar rabbanaa waatinaa maa wa'adtanaa 'alaa rusulila wala tukhzinaa yaumal-qiyamati innaka laa tukhliful-miiaadi

Artinya: Ya Tuhan, sungguh kami telah mendengar seruan yang menyeru kepada iman: "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman. Ya Tuhan ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, serta matikanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat kebajikan. Ya Tuhan berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantata Rasul-rasul-Mu dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat nanti. Sungguh Engkau tidak akan pernah menyalahi janji. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya