SUARA INDONESIA
Banner

Ustaz Hanan Attaki: Tak Sadar Kita Menjelekkan Agama Sendiri

JEMBER-Islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin (membawa keselamatan bagi seluruh alam), selain itu Islam yang di bawa oleh Rasulullah SAW juga tidak hanya mengajarkan tentang keamanan, tetapi juga tentang akhlak.

Sayangnya, menurut ustaz Hanan Attaki, masih banyak akhlak dari umat muslim, yang tidak sesuai dengan risalah yang dibawa oleh Nabi. Seperti dalam hal kedisiplinan, kebersihan dan lain sebagainya.

Hal ini tanpa disadari membuat wajah Islam terlihat buruk dan tidak ideal, yang tentunya juga berimbas pada penilaian orang-orang yang bukan muslim.

"Mungkin selama ini banyak yang melihat Islam itu dengan sebelah mata, bukan Islamnya yang remeh, bukan Islamnya yang ngga ideal, tapi kita yang belum menunjukkan idealnya Islam kepada manusia," ujarnya dalam kanal YouTube Istiqamah Media.

Dirinya menambahkan, bahwa perilaku seperti itulah yang membuat wajah Islam buruk. Padahal lanjutnya, ketika seseorang sudah menggunakan jubah Islam, maka tanggung jawab besar juga melekat pada pundaknya.

"Ketika kita memakai baju Islam, di situ ada tanggung jawab besar, kita yang tunjukkan Islam yang indah dan ideal kepada semua manusia," tambahnya.

Perlu digaris bawahi, bahwa ketika menemukan ketidak sesuaian antara akhlak dengan ajaran agama, maka yang perlu diperbaiki adalah tingkah manusianya, bukan syariatnya.

Dari sini, intropeksi diri lebih mendalam pada kelalain dalam beragama menjadi sangan penting untuk dilakukan. Agar kedepannya Islam tidak lagi dipandang sebelah mata, dan tidak hanya dianggap teori semata.

"Sehingga orang melihat Islam itu bukan teori," tandasnya. (Ree)

Apa Reaksi Anda?